Hotel mengajarkan banyak pengalaman baru kepada kita tentang bagaimana “ Bertata Krama, Melakukan Sopan santun, Tindak-tanduk, yang lebih dalam dan mendetail dari pada ajaran dirumah kita masing-masing.
Mengapa ?............Karena Hotel yang menjadi ladang kita berkarir dan mencari nafkah ini adalah bergerak dibidang JASA PELAYANAN. Artinya : berapapun harga kamar yang dibeli oleh tamu, pada saat check-out tempat tidur dan perabotnya tidak di bawa pulang. Apa yang dibawa pulang adalah kesan PERTAMA & kesan TERAKHIR dari pelayanan yang sudah kita berikan. Nah….disinilah letak pentingnya Etika itu.,
1. Benda contohnya “ AIR “
o Dirumah biasanya tersedia Termos air panas, kalau ada tamu kita tidak repot-repot merebus air.
o Kalau tamu menumpahkan air, maka kita dengan cara tidak mempersalahkan tamu lalu kita membersihkannya.
o Air dikamar mandi harus selalu penuh kalau ada tamu yang mau kebelakang maka tamu tersebut tidak menemukan kesulitan.
2. Pakaian
- Sekalipun di rumah kita harus pakai pakaian dalam.
- Pakaian Olahraga jangan dipakai kerja
- Pakaian Pesta jangan dipakai berolah raga.
3.Tingkah-laku
- Bicara hendaknya dengan nada yang selaras
- Jangan memotong pembicaraan orang lain
- Jangan meludah disembarang tempat
- Jangan kentut didepan orang lain.
- Jangan menguap dengan bersuara.
- Jangan Bersendawa di depan orang
4.Dengan tubuh kita
- Pakailah deodorant agar badan tidak bau
- Jangan membersihkan hidung didepan orang
- Jangan menggaruk nggaruk kepala didepan orang
5.Pada saat mengerjakan sesuatu
- Kalau minum obat jangan pada saat pesta
- Pada saat berjabat tangan jangan nakal
6.Pada saat bertamu
- Mengetuk pintu
- Jangan masuk kalau belum dipersilahkan masuk
- Jangan telat pada saat diundang dll.
7. Bagaimana dengan etika pada saat makan ?
- Kalau makan jangan bersuara baik saat mengunyah atau suara alat makan
- Pelan dan tergesa-gesa walaupun sedang lapar
ETIKA:
Lebih menitik beratkan pada Tatanan tingkah laku bagi petugas hotel agar dapat berinteraksi dengan tamu secara sopan dan professional.
Sifat dasar dan pribadi yang baik yang harus dimiliki petugas hotel antara lain :
- Mempunyai keinginan dan minat untuk melayani tamu agar tamu merasa puas.
- Disiplin, Jujur, dan bertanggung jawab.
- Senang bergaul, Sabar, Ramah tamah, Periang dan tidak mudah tersinggung.
- Bijaksana dan suka bertindak
- Mempunyai ego drive ( ambisi ) yang positip
- Berkemauan keras dan Ulet
- Pandai beradaptasi dalam segala kondisi.
- Matching
- Berdasi/berseragam
- Bersih & rapi
- Perhatikan kancing lepas, lubang kecil, kusut dll
- Jas & dasi perhatikan secara khusus.
- Sepatu kerja
- Memakai kaos kaki yang bersih dan sesuai
- Tidak berbau dan selalu disemir
- Jenis sepatu kerja
- Senantiasa dicuci bersih
- Tidak disemir
- Jangan Gondrong
- Wanita yang rapi / di ikat
- Bersih/Berseri
- Pakailah make-up secukupnya
- Pria tidak berkumis dan tidakberjenggot
- Bau mulut, Bau Badan, Busa.
- Sebaiknya cincin kawin
- Hindari unsur terkesan pamer
- Yang sepantasnya.
- Kuku jangan panjang
- Bersih dan tidak kotor
- Tanpa cat kuku
artikelnya keren bang. Oh ya, mau numpang promosi neh. Saya baru saja merilis buku tentang perhotelan khususnya Butler dengan judul "Mendulang Uang dan Karir di Dunia BUTLER" - yang mana anda bisa dapatkan informasinya lebih lanjut di www.swesen.com Semoga bermanfaat buat rekan rekan hotelier. Salam, Komang Swesen (BUTLER = UANG + KARIR)
BalasHapus