Iklan saya

Selasa, 09 November 2010

ETIKA BEKERJA DI HOTEL

Hotel mengajarkan banyak pengalaman baru kepada kita tentang bagaimana “ Bertata Krama, Melakukan Sopan santun, Tindak-tanduk, yang lebih dalam dan mendetail dari pada ajaran dirumah kita masing-masing.

Sebagai seorang HOTELIER, wajib hukumnya kita memiliki Etika yang baik dan itu adalah merupakan bagian dari nafas dan melekat erat dalam jati diri kehidupan kita. Etika yang baik sangat dibutuhkan di dunia “ KEPARIWISATAAN “

Mengapa ?............Karena Hotel yang menjadi ladang kita berkarir dan mencari nafkah ini adalah bergerak dibidang JASA PELAYANAN. Artinya : berapapun harga kamar yang dibeli oleh tamu, pada saat check-out tempat tidur dan perabotnya tidak di bawa pulang. Apa yang dibawa pulang adalah kesan PERTAMA & kesan TERAKHIR dari pelayanan yang sudah kita berikan. Nah….disinilah letak pentingnya Etika itu.,

Selain dengan manusia kepada siapakah Etika itu berhubungan ?

1. Benda contohnya “ AIR “

o Dirumah biasanya tersedia Termos air panas, kalau ada tamu kita tidak repot-repot merebus air.

o Kalau tamu menumpahkan air, maka kita dengan cara tidak mempersalahkan tamu lalu kita membersihkannya.

o Air dikamar mandi harus selalu penuh kalau ada tamu yang mau kebelakang maka tamu tersebut tidak menemukan kesulitan.

2. Pakaian

  • Sekalipun di rumah kita harus pakai pakaian dalam.
  • Pakaian Olahraga jangan dipakai kerja
  • Pakaian Pesta jangan dipakai berolah raga.

3.Tingkah-laku

  • Bicara hendaknya dengan nada yang selaras
  • Jangan memotong pembicaraan orang lain
  • Jangan meludah disembarang tempat
  • Jangan kentut didepan orang lain.
  • Jangan menguap dengan bersuara.
  • Jangan Bersendawa di depan orang

4.Dengan tubuh kita

  • Pakailah deodorant agar badan tidak bau
  • Jangan membersihkan hidung didepan orang
  • Jangan menggaruk nggaruk kepala didepan orang

5.Pada saat mengerjakan sesuatu

  • Kalau minum obat jangan pada saat pesta
  • Pada saat berjabat tangan jangan nakal

6.Pada saat bertamu

  • Mengetuk pintu
  • Jangan masuk kalau belum dipersilahkan masuk
  • Jangan telat pada saat diundang dll.

7. Bagaimana dengan etika pada saat makan ?

  • Kalau makan jangan bersuara baik saat mengunyah atau suara alat makan
  • Pelan dan tergesa-gesa walaupun sedang lapar

ETIKA:

Lebih menitik beratkan pada Tatanan tingkah laku bagi petugas hotel agar dapat berinteraksi dengan tamu secara sopan dan professional.

Sifat dasar dan pribadi yang baik yang harus dimiliki petugas hotel antara lain :

  1. Mempunyai keinginan dan minat untuk melayani tamu agar tamu merasa puas.
  2. Disiplin, Jujur, dan bertanggung jawab.
  3. Senang bergaul, Sabar, Ramah tamah, Periang dan tidak mudah tersinggung.
  4. Bijaksana dan suka bertindak
  5. Mempunyai ego drive ( ambisi ) yang positip
  6. Berkemauan keras dan Ulet
  7. Pandai beradaptasi dalam segala kondisi.

Bagaimana cara berpakaian :

  1. Matching
  2. Berdasi/berseragam
  3. Bersih & rapi
  4. Perhatikan kancing lepas, lubang kecil, kusut dll
  5. Jas & dasi perhatikan secara khusus.

Bagaimana dengan Sepatu

  1. Sepatu kerja
  2. Memakai kaos kaki yang bersih dan sesuai
  3. Tidak berbau dan selalu disemir
  4. Jenis sepatu kerja

Bagaimana dengan Rambut:

  1. Senantiasa dicuci bersih
  2. Tidak disemir
  3. Jangan Gondrong
  4. Wanita yang rapi / di ikat

Bagaimana dengan Raut muka.

  1. Bersih/Berseri
  2. Pakailah make-up secukupnya
  3. Pria tidak berkumis dan tidakberjenggot
  4. Bau mulut, Bau Badan, Busa.

Bagaimana dengan Perhiasan :

  1. Sebaiknya cincin kawin
  2. Hindari unsur terkesan pamer
  3. Yang sepantasnya.

Bagaimana dengan jari-jemari.

  1. Kuku jangan panjang
  2. Bersih dan tidak kotor
  3. Tanpa cat kuku

1 komentar:

  1. artikelnya keren bang. Oh ya, mau numpang promosi neh. Saya baru saja merilis buku tentang perhotelan khususnya Butler dengan judul "Mendulang Uang dan Karir di Dunia BUTLER" - yang mana anda bisa dapatkan informasinya lebih lanjut di www.swesen.com Semoga bermanfaat buat rekan rekan hotelier. Salam, Komang Swesen (BUTLER = UANG + KARIR)

    BalasHapus

web traffict

JATIM PARK 2

JATIM PARK 2
Pembelajaran Satwa & Rekreasi

formula bisnis

Hotel Dalam Pohon Raksasa Bernuansa Satwa

Terletak diantara dua tempat wisata yang menarik Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, menjadikan Pohon Inn tidak hanya nyaman untuk menginap saja tapi sekaligus untuk berwisata sambil menghirup sejuknya hawa pegunungan.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo
Kebun Binatang Modern

Museum Satwa

Museum Satwa

Facilities & Services


- 63 kamar Superior dan 8 kamar Executive
- Jungle Fast Food, Restaurant berputar dilengkapi dengan suasana hutan dan satwa-satwanya.
- 2 Executive meeting rooms
- Free parking
- Free Hot spot Internet access
- Drug Store

In Room Facilities

- LCD Television
- Safe Deposit Box
- Direct dialing local & international telephone
- Hot & cold Shower
- Hot water jug
- Daily Coffee & tea bag
- Refrigerator

Pendapatan langsung dari Referrer...